Monday, February 1, 2016

Review: Oli Petrocanada Duron-E XL

Jika mengingat ini, terkadang saya merasa geli juga. Saya dulu termasuk orang yang 'beraliran' lurus soal oli, maksudnya pakai oli khusus motor untuk sepeda motor. Oli khusus motor, kadang diberi tulisan motorcycle, ada juga yang gambar motor miring-miring :D ada juga yang dapat dilihat pada tercetaknya sertifikasi JASO MA/MA2/MB yang umum beredar di negeri tercinta kita ini.

Gelinya di mana? Saya dulunya termasuk orang yang 'aliran' lurus, tidak setuju jika mesin motor dicemplungin oli selain oli khusus motor, ya argumennya macam-macam, mulai dari desain mesin, sampai soal kopling basah (terendam oli). Dan sekarang, saya malah sering mendakwahkan pemakaian oli yang orang komunitas menyebutnya dengan aliran sesat. :D


Semua itu bermula dari sebuah grup di facebook yang bernama Long Drain Interval Community. Dari situ lah akhirnya saya bulat tekad (cieee...) untuk menjadi sesat soal perolian. Sebenarnya sih ada alasan lain kenapa akhirnya saya menjadi sesat :D yaitu saya butuh oli yang pemakaiannya bisa lama/panjang, istilahnya long drain, karena jarak tempuh saya dalam 1 hari hampir 140 km. Tentu kurang nyaman kalau cuma 2000 km harus ganti oli, itu artinya tidak sampai 3 pekan saya harus ganti oli. Di situlah terpikir mencari oli yang extra ordinary, yang drain interval ekstra panjang, inginnya di atas 10 ribu km, ketemu lah dengan oli Duron-E XL ini.



Oke, lompat ke impresi pemakaian.

Waktu mengganti oli pada motor New Vixion Advance, disertai dengan pergantian filter oli, karena memang sudah waktunya juga, odo meter menunjukkan angka sekitar 10600 km. Yang dirasa ketika awal pemakaian, terasa agak berat terutama putaran bawah/rendah tapi enak pas putaran tengah-atas yang menjadi ciri khas HDEO (Heavy Duty Engine Oil), suara mesin terdengar lebih halus, lebih kuat untuk nanjak. Awal-awal pemakaian (< 1000 km), sempat merasakan masa-masa sensasinya ini oli ga enak, agak berat dsbnya meskipun suara mesin halus dan getaran minim. Tapi ketika menginjak 500 km, taringnya mulai muncul, jambakannya mulai terasa, semakin dipakai semakin enak, ketika sudah lewat 1000 km, 1 kata, wow! Semua aspek performa dirasa meningkat, mulai dari tenaga, torsi, gas terasa lebih padat, gampang naik rpm-nya, tidak terjadi slip kopling.

Pros:
  1. Performa oke terutama putaran tengah-atas.
  2. Mesin terasa lebih adem tidak gampang panas, dirasa dari kaki.
  3. Semakin panas, performa malah semakin oke.
  4. Suara mesin terdengar lebih halus.
  5. Getaran saat putaran tinggi berkurang.
  6. Long drain, performa terjaga tahan lama.
Cons:
  1. Harga per liter relatif mahal.
  2. Di putaran bawah terasa agak berat.
Oke, sekian review oli produk Petrocanada Duron-E XL ini, semoga bermanfaat. Untuk kelanjutan pemakaian, tunggu updatenya :) 

No comments:

Post a Comment