Monday, May 18, 2015

Kuliah

Menempuh pendidikan di perguruan tinggi atau universitas, bagi sebagian orang merupakan impian, sebagian lain kebanggaan, sebagian lain lagi sekedar ikut-ikutan teman, dapetin jodoh grin emoticon dsbnya.


Ya terlepas apapun niat dan motivasinya, ada hal esensi dari kuliah itu sendiri, yaitu melahirkan sikap keilmiahan, sebuah sikap yang wajib dimiliki seorang ilmuwan. Menyadari sesuatu? Kita dinobatkan gelar ini itu, syaratnya apa? Skripsi. Meskipun nilai semua mata kuliah A, IPK 4, tapi tanpa ada nilai skripsi, kita tidak akan pernah dinobatkan jadi ilmuwan. Jadi, betapa pentingnya sikap keilmiahan yang menjadi esensi dari kuliah.
Dan masih banyak pelajaran-pelajaran yang tak kalah pentingnya dari mata kuliah. Bahkan, kalau sekedar ilmu jurusan pada perkuliahan, yakin dengan otodidak, eksperimen sendiri dan sering diskusi itu sudah cukup, tapi tidak dengan sikap keilmiahan.
Jangankan itu, bahkan jauh sebelum mulai kuliah, saat tes masuk kuliah, kita sudah diajarkan 1 poin sikap keilmiahan, apa itu? Bener +4, tidak dijawab 0, salah -1. Apa hikmahnya? Jika anda tahu, silahkan jawab yang benar (+4), jika tidak tahu, diam lebih baik (0), jangan ngasal, karena jika salah anda akan mendapatkan nilai negatif (-1). Berkatalah yang benar, jika tidak, lebih baik diam.

No comments:

Post a Comment