Saturday, May 16, 2015

Review: Yamalube Sport vs Castrol Power 1 vs Yamalube Super Sport

Jika sebelumnya pakai oli yamalube sport yang botol hitam, kemudian saya nyoba-nyoba 'berkhianat' dengan memakai oli castrol power 1, keduanya sama-sama semi sintetis dan API SL, tetapi yamalube sport masih JASO MA, sedangkan castrol sudah JASO MA2.



Perbedaan mencolok kedua oli tersebut terasa pada putaran bawah dan menengah, oli castrol power 1 tenaga motor di putaran bawah terasa lebih mencengkram sepertinya karena JASO MA2, akan tetapi cenderung melempem pada putaran atas dan getaran mesin pada putaran atas sangat terasa atau mulai 70 km/jam lebih, menyentuh 80 km/jam, kaki saya serasa berdiri di atas alat pijat elektrik, getarannya coy grin emoticon . Berbeda dengan yamalube sport yang botol hitam, tenaga putaran bawah cenderung lembut, mulai enak di putaran menengah dan atas, tenaganya terasa lebih mengisi dan getaran mesin di putaran tengah dan atas sangat minim. Soal suara mesin, sama-sama halus tapi masih lebih halus castrol power 1.
Oke, itu impresi 2 oli semi sintetik yang dibandrol harga 55 ribu untuk castrol power 1 dan 41 ribu untuk yamalube sport, harga bisa berbeda di lokasi berbeda, semua dalam kemasan 1 liter. Kemarin jupiter mx 2009 saya yang telah menempuh hampir 50 ribu km diservis sekaligus ganti oli, pas milih oli ternyata ada oli baru yamalube super sport dengan botol berwarna biru, harganya memang lebih mahal dari 2 oli yang pernah saya coba, yaitu 70 ribu, sudah full sintetis, API SL dan JASO MA2, lumayan murah untuk spek seperti itu.
Impresi yamalube super sport yang dikemas dengan botol biru, rasanya menutupi kekurangan 2 oli sebelumnya. Tenaga putaran bawah oke dan menyentak khas oli JASO MA2, putaran menengah dan atas tetap ngisi dan getaran mesin sangat minim, juga nafas yang panjang sehingga top speed pada setiap giginya dirasa meningkat. Untuk mencapai 80 km/jam rasanya lebih mudah, cukup memuntir gas relatif sedikit jika dibandingkan castrol power 1 ataupun yamalube sport.
Klaim dari yamaha, yamalube super sport bisa untuk 5000 km, dibandingkan 2 oli lainnya standar saja sekitar 3000 km, perbedaan basis oli sangat menentukan di sini, full sintetis vs semi sintetis. Kalau dilihat jarak tempuh dibanding harganya, hitungannya lumayan ekonomis, ya kita lihat nanti setelah 5000 km atau untuk kasus saya sekitar 6 bulan lagi.
Oiya, jika ada pengikut 'aliran sesat' semisal pengguna oli diesel untuk sepeda motor yang membaca ini, tolong saya jangan didebat pacman emoticon Ya terkadang hanya soal oli, tapi sudah seperti sebuah 'agama'. Dicukupkan dengan "Bagiku agamaku, bagimu agamamu" grin emoticon

No comments:

Post a Comment