Saturday, May 16, 2015

Intel Hyper Threading (HT), Seberapa Efektif?

Kelanjutan lapak sebelumnya tentang Intel HT yang bisa dilihat di Intel Hyper-Threading?


Setelah sedikit benchmark dengan phoronix test suite, yaitu benchmark scimark2 dan sample pi program, hasilnya bisa dilihat pada gambar. Gambar yang saya sajikan hanya overview, untuk menghemat ruang. Sekilas dari 2 test tersebut, ternyata teknologi Intel HT tidak efektif mendongkrak performa, justru terjadi penurunan meski tidak signifikan.




Bukan berarti mau membantah para pakar dari kubu Intel, hanya saja dari pihak Intel sendiri juga apakah sudah terbuka soal klaim mereka peningkatan performa sekitar 25%? Test apa yang dilakukan? Platform apa dan sebagainya.

Meskipun dari hasil 2 test tersebut menunjukkan tanpa HT lebih unggul dibanding dengan HT, tapi saya sendiri juga tidak benar2 percaya diri mengklaim dan menyarankan anda untuk disable fitur HT. Karena konfigurasi sistem operasi, model processor, konfigurasi kernel OS yang digunakan dan sebagainya. Bisa jadi konfigurasi saya menyebabkan intel HT menjadi tidak efektif bahkan kontra produktif. Akan tetapi, selain saya, bahkan microsoft pernah merekomendasikan untuk disable Intel HT karena alasan performa, bisa dibaca di sini. Juga hasil baca sana-sini menemukan hasil riset, justru merekomendasikan untuk dimatikan saja fitur Intel HT itu.

Tapi yang jelas, seperti postingan saya sebelumnya, teknologi/fitur Intel HT ini menurut saya masih perlu dilakukan kajian dan penelitian lagi, bahkan kalau perlu revisi dan update desain microprocessor untuk menggali potensi teoritis dari Intel HT. Kenapa? Karena tidak serta merta anda enable/aktifkan Intel HT maka akan didapat peningkatan performa 25% sesuai klaim, masih sangat banyak catatan syarat kondisi. Seperti kalau ada yang ngeklaim, "teknologi rem saya pakem, dengan catatan kalau kering. Kalau basah, selamat tinggal :D "

Bahkan kalau saya menuruti pikiran-pikiran liar saya, Intel HT ini sepertinya cuma bualan bombastis seolah-olah hebat, fisik 2 core tapi di sistem operasi terlihat ada 4 core, wow! Fantastis! Dari sudut pandang konsumen, ini sangat menjual. Tapi efektifitasnya masih dipertanyakan dan perlu diuji.

Juga jangan sampai keliru mengambil kesimpulan, misal melirik jajaran AMD yang tanpa Hyper Threading, karena HT itu dipatenkan oleh Intel, maka berkesimpulan processor AMD lebih cepat, itu juga kesimpulan terburu-buru. Karena AMD dan Intel memiliki desain yang berbeda sehingga hasilnya pun berbeda, tentu tidak apple to apple.

Akhir kata, kesimpulan sementara saya adalah saya pribadi memilih untuk mematikan/disable Intel HT, karena selain benchmark kecil-kecilan tersebut, juga metode perasaan berbicara, tanpa HT kinerja komputer saya lebih baik, saya intens menggunakan virtualisasi dengan virtualbox, sehingga saya punya alasan kuat bicara seperti itu, sekian.

No comments:

Post a Comment