Saturday, May 16, 2015

Normal ISO image vs Hybrid ISO image

Sharing aja mungkin ada yang belum tau termasuk saya yang sebelumnya tidak tau tentang hal ini. :p

Ternyata ada 1 syarat untuk sebuah file bootable ISO image dapat dijadikan USB Flashdisk installer dengan perintah dd, yaitu file ISO tersebut harus bertipe Hybrid ISO, bukan sekedar normal ISO image.



Cara ngeceknya mudah saja, dengan perintah:

fdisk -l nama_file.iso

Pada file image normal ISO, outputnya akan tampak seperti ini:
Disk slackware-14.0-install-dvd.iso: 2458 MB, 2458984448 bytes
255 heads, 63 sectors/track, 298 cylinders, total 4802704 sectors
Units = sectors of 1 * 512 = 512 bytes
Sector size (logical/physical): 512 bytes / 512 bytes
I/O size (minimum/optimal): 512 bytes / 512 bytes


Dan memang pengalaman saya jika file image ISO bertipe normal seperti slackware.iso tersebut, tidak dapat serta merta dibuat USB Flashdisk installer dengan perintah dd. Selalu gagal, ketika dipilih pada menu boot device, selalu looping kembali ke menu yang artinya tidak bisa booting ke USB flashdisk tersebut.

Dan setelah saya eksperimen, mengubah tipe image ISO tersebut menjadi tipe Hybrid, dengan perintah:

isohybrid nama_file.iso 

tools isohybrid ini kalau di fedora yang saya gunakan eksperimen masuk dalam paket syslinux, untuk distro lain bisa dicek. Dan ketika saya cek dengan fdisk -l, outputnya berubah menjadi:

Disk slackware-14-hybrid.iso: 2459 MB, 2459959296 bytes
64 heads, 32 sectors/track, 2346 cylinders, total 4804608 sectors
Units = sectors of 1 * 512 = 512 bytes
Sector size (logical/physical): 512 bytes / 512 bytes
I/O size (minimum/optimal): 512 bytes / 512 bytes
Disk identifier: 0x50853bce

                  Device Boot      Start         End      Blocks   Id  System
slackware-14-hybrid.iso1   *           0     4804607     2402304   17  Hidden HPFS/NTFS


Kemudian saya coba buat installer USB flashdisk dengan pola perintah:

dd if=nama_file.iso of=/alamat/device

dan hasilnya, ternyata bisa booting ke USB Flashdisk installer slackware 14 dari yang sebelumnya tidak bisa. Sebelumnya saya biasa install slackware dengan script di usb-and-pxe-installers/ pada tree installer slackware untuk membuat USB flashdisk installer.

Tapi sekarang semenjak tau hal ini, cukup konversi ke hybrid ISO dan selesaikan dengan dd. Seperti jika saya install opensuse & fedora, cukup dengan dd untuk membuat installer USB flashdisk.

Semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment